Sabtu, 23 Juni 2012

0 Kue Untuk Hari Libur: Wajik (Biskuit) Air Mata Pelangi

Untuk membuat suasana libur makin ceria, tadinya kue ini mau saya namai Air Mata Bidadari dari kahyangan. Maklum akhir-akhir ini saya terobsesi oleh cerita silat.  Tapi saya tidak yakin kalau air mata bidadari bisa berwarna-warni.
Dear sahabat,
waktu libur biasanya adalah waktu yang tepat untuk bercengkrama dalam keluarga.   Ibu-ibu bisa mempersembahkan masakan hasil buatan sendiri untuk keluarga tercinta.  Saya punya resep kue yang sederhana tapi enak, bahannya relatif mudah didapat, tapi saya tidak punya nama baku untuk kue ini.  Jadi hari ini saya namai wajik (biskuit) Air Mata Pelangi…Kalau yang tidak suka namanya silakan saja berikan nama sendiri-sendiri untuk kue ini, tak ada hak paten untuk nama hehehe….silakan saja tuliskan nama yang disukai untuk kue ini di kolom komentar.
WAJIK (BISKUIT) AIR MATA PELANGI
13372987311738727326
wajik (biskuit) Air Mata Pelangi (dok.pribadi)
13372976331054250159
sepotong siap dimakan (dok.pribadi)
Bahan-bahan yang diperlukan :
250 gram biskuit, dihaluskan (boleh blender kering)
2 gelas susu bubuk, disangrai sampai kuning keemasan
1 gelas gula pasir
0,5 gelas minyak
1 gelas youghurt cair
3 butir telur
Caranya :
1.  semua telur, youghurt cair, minyak dan gula diblender…
2. biskuit yang telah dihaluskan dicampur dengan susu yang telah disangrai, lalu dicampurkan dengan bahan-bahan yang telah diblender….aduk menjadi adonan.
3.  tata adonan di atas pinggan tahan panas lalu bakar dengan oven (api sedang 180 celcius), kira-kira 20 menit….
Angkat dari oven … diamkan sejenak.
Buat Topping
Beberapa buah keju ( saya pakai 8 buah keju merek “kiri”)  + setengah kaleng susu kental manis diblender…lalu bagi menjadi 2 bagian.
* Setengah bagian blenderan keju dgn susu kaleng ini disiramkan di atas kue biskuit yang telah dibakar sebelumnya…sebagai topping dasar putih.
* setengah bagian lagi dibagi menjadi beberapa bagian kecil untuk dikasih bahan pewarna, misalnya saya gunakan pasta coklat, pasta pandan, atau pewarna makanan lain warna warni sesuai selera…masukkan ke dalam plastik lalu bolongi ujungnya sedikit…siap untuk membuat air mata pelangi…
13372978581273949900
contoh keju yang saya pakai, maaf bukan bermaksud iklan…(dok.pribadi)
13372979542070358347
cara sederhana untuk membubuhkan air mata pelangi, pakai plastik (dok.pribadi)
1337298592589211209
dok.pribadi
SELAMAT MENCOBA. Semoga dapat menambah ceria kebersamaan dalam keluarga.
 

Wisata Kuliner Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates