Selasa, 15 Mei 2012

0 Kuliner Cina Semakin Digemari



Selain budaya, Cina juga terkenal dengan keragaman kuliner. Bahkan dibeberapa daerah makanan dari negeri tirai bambu ini sudah dianggap sebagai makanan khas suatu daerah sebut saja kwetiau, bakmi dan  capcai
Selain budaya, Cina juga terkenal dengan keragaman kuliner. Bahkan dibeberapa daerah makanan dari negeri tirai bambu ini sudah dianggap sebagai makanan khas suatu daerah sebut saja kwetiau, bakmi dan capcai
Selain budaya, Cina juga terkenal dengan keragaman kuliner. Bahkan dibeberapa daerah makanan dari negeri tirai bambu ini sudah dianggap sebagai makanan khas suatu daerah sebut saja kwetiau, bakmi, capcai, mi pangsit, bakpau, bakpia dan cahkwe.Tidak itu saja, saat ini cukup banyak warga non Tionghoa yang mencoba peruntungan dengan menyajikan beberapa hidangan khas Tionghoa tersebut. “Salah satu masakan yang banyak digemari saat ini adalah Kwetiau, tidak hanya diwarung biasa tetapi terkadang juga ada di hotel-hotel,” ujar Alimia salah seorang warga yang membuka usaha warung makan di kawasan Jl Sutan syahrir Palembang.
Menurutnya, kwetiau adalah sejenis mi Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras.
Untuk penyajian bisa dengan cara digoreng ataupun dimasak berkuah. Masakan Cina lain yang juga populer adalah capcai, masakan yang dalam dialek Hokkian berarti “aneka ragam sayur”. Dinamakan demikian karena dalam masakan jenis ini selalu terdiri dari beragam jenis sayuran. Banyak ada yang berpendapat capcai harus sepuluh jenis sayur karena cap di dalam dialek Hokkian berarti “sepuluh”.
Nah, untuk jenis masakan yang satu ini tidak hanya warga tionghoa yang menyukainya tetapi juga non tionghoa. Makanya tidak jarang warung makan non tionghoa, juga gencar menyajikan makanan yang menyehatkan ini. Tidak itu saja hotel dan restoran terkenal juga terkadang menyediakan space khusus untuk menu khas cina ini. 
 

Wisata Kuliner Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates